header-int

Sejarah Univeristas

Posted by : Administrator
Share

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) AL-AZHAR Menganti Gresik didirikan pada tanggal 10 Agustus 2000 dan diresmikan oleh Bapak Bupati Gresik Drs. KH. Robbach Ma’sum, MM. Pada tanggal 25 September 2000.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) AL-AZHAR Menganti Gresik didirikan dengan latar belakang yang pertama adalah adanya keinginan dari Pengurus Pondok Pesantren DARUL IHSAN Menganti Gresik untuk ikut serta memperjuangkan siar ajaran Islam Ahlu Sunnah Wal Jamaah serta semakin berkualitasnya SDM umat Islam Indonesia melalui pendidikan di perguruan tinggi yang dapat menghasilkan sarjana Islam yang berakhlaqul karimah, profesional dan berakademis tinggi.

Latar belakang berdirinya STAI Al-Azhar Menganti Gresik yang kedua adalah adanya dorongan dari semua pihak terutama para pengelola SMA/MA serta para guru yang mempunyai minat untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten Gresik wilayah selatan meliputi Kecamatan Menganti, Driyorejo, Wringinanom, Kedamean, Benjeng agar pengurus Yayasan Pondok Pesantren DARUL IHSAN Menganti Gresik mendirikan Perguruan Tinggi Agama Islam, sehingga lulusan SMA/MA/SMK sederajat dan para guru yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dapat terwujud. Dengan adanya STAI AL-AZHAR Menganti Gresik maka mereka tidak perlu pergi ke Surabaya atau ke kota Gresik yang jaraknya relatif jauh.

Dengan latar belakang diatas, pengurus yayasan Pondok Pesantren DARUL IHSAN Menganti Gresik meminta bantuan dari semua pihak yang berpengalaman untuk mewujudkan pendirian STAI AL-AZHAR tersebut.

Maka dibentuklah tim yang bertugas untuk melaksanakan proses pendirian STAI AL-AZHAR tersebut yang diketuai oleh Bapak Drs. H. M. SJAHWAN dan pada tanggal 30 Juli 2000 berkas pengajuan pendirian STAI AL-AZHAR Menganti Gresik diserahkan ke Ketua Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Pada tanggal 10 Agustus 2000, Tim Kopertais Wilayah IV mengadakan kunjungan ke STAI AL-AZHAR Menganti Gresik yang berada di Jalan Raya Menganti Krajan No. 474 Menganti Gresik untuk memeriksa kelayakan STAI AL-AZHAR Menganti Gresik sebagai Perguruan Tinggi.

Alhamdulillah hasil dari pemeriksaan Tim Kopertais Wilayah IV Surabaya mengizinkan STAI AL-AZHAR Menganti Gresik untuk menerima mahasiswa baru tahun akademik 2000-2001. Setelah izin operasional dari Kopertais Wilayah IV turun, maka STAI AL-AZHAR Menganti Gresik telah memulai perkuliahan tepatnya pada tanggal 15 September 2000.

STAI Al-Azhar Menganti Gresik memiliki Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam, S-1 Ekonomi Syariah dan S1 Pendidikan Guru madrasah Ibtidaiyah Program Studi ini masing-masing dikelola oleh seorang Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan yang didukung oleh Perangkat Dosen, dan Staff Administrasi.

Secara keseluruhan STAI Al-Azhar saat itu dipimpin oleh seorang Ketua dibantu oleh beberapa Pembantu ketua, Pelaksana Akademik, Unsur Pelaksana Administratatif, Unit Pelaksanaan Teknis, Unsur Penelitian dan Pengembangan dan beberapa unsur pendukung lainnya.

Pada tahun 2014 telah diakreditasi ulang oleh BAN-PT untuk Prodi PAI, Prodi Ekonomi Syariah sesuai SK. No. 275/SK/BAN.PT/Akred/5/VIII/ 2014 dan akreditasi Institusi. Sedangkan di tahun 2015 dibuka program studi baru yakniPGMIdengan SK Kementrian agama RI Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/Dt.I.IV/PP.03.2/1473/2015.

Unidha SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AL AZHAR MENGANTI GRESIK, Jl. Raya Menganti Krajan 474 Menganti Gresik 61174
© 2019 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube